Meskipun mungkin saudara merasa sendirian dalam pergumulan dengan kecemasan, kenyataannya, tidak. Sekitar 40 juta orang Amerika berjuang dengan gangguan kecemasan. Meskipun itu adalah sesuatu yang ditangani oleh begitu banyak orang, masih ada banyak ide atau stigma yang salah seputar kecemasan. Stigma-stigma ini dapat mencegah saudara mencari bantuan yang dibutuhkan. Jika saudara pernah diberi tahu untuk "bersikap tegar" atau "keluar darinya," saya sangat menyesal. Pernyataan-pernyataan itu tidak hanya lahir karena ketidaktahuan, mereka juga benar-benar tidak mengerti kesulitan yang saudara alami.

Stigma di sekitar gangguan kecemasan dapat menciptakan keraguan diri dan rasa malu. Dan stigma tidak hanya berasal dari orang lain. saudara mungkin secara keliru percaya bahwa kondisi saat ini adalah tanda kelemahan pribadi atau bahwa saudara harus dapat mengendalikannya tanpa bantuan. Ketika saudara kurang memikirkan diri sendiri karena gangguan dan ketika saudara menganggap orang lain akan melihatnya secara negatif karena kesehatan mental saudara, itu adalah rasa malu yang disebabkan oleh diri sendiri.

Selain itu, jangan membuat alasan untuk mendapatkan bantuan yang saudara butuhkan. Saya berbicara dengan begitu banyak orang yang berjuang dengan kecemasan, dan seringkali ketika saya mendorong mereka untuk menemui seorang psikolog atau dokter atau untuk mempertimbangkan pengobatan, mereka merespons dengan banyak alasan. Saya tahu ini sulit, tetapi jangan jatuh ke dalam perangkap ini. Jadilah pemenang dan bukan korban. Ambil langkah kecil, tetapi lakukan sesuatu.

Jika saudara berjuang melawan kecemasan, berikut adalah beberapa hal yang harus saudara lakukan:

• Dapatkan perawatan.## saudara mungkin enggan mengakui bahwa saudara membutuhkannya, tetapi perawatan dapat memberikan kelegaan dengan mengidentifikasi apa yang salah dan mengurangi gejala yang mengganggu pekerjaan dan kehidupan pribadi saudara. Perawatan mungkin termasuk pengobatan – pengobatan bukanlah sesuatu yng haram.

• Jangan mengisolasi diri sendiri.## Dekati orang yang saudara percayai dan berbelas kasih, memberi dukungan, dan pengertian yang saudara butuhkan. Mereka dapat membantu saudara mengatasi kecemasan tersebut.

• Bergabunglah dengan grup pendukung.## Menerima dukungan dari orang-orang yang mengalami pengalaman serupa dapat sangat menyembuhkan. Juga, saudara dapat mendukung dan mendorong orang lain dalam perjuangan mereka.

• Jangan menyamakan diri saudara dengan sakit yang saudara alami.## Saudara bukan penyakit. Engkau jauh lebih baik!

• Bicaralah.## Pertimbangkan untuk mengungkapkan pengalaman saudara dalam kertas atau mengirim surat kepada editor. Pandangan saudara mungkin membantu menanamkan keberanian pada orang lain yang menghadapi tantangan serupa dan mendidik masyarakat tentang gangguan kecemasan.


**Jika Anda berjuang dengan penyakit mental, kami memiliki mentor gratis dan rahasia yang akan senang berbicara dengan saudara dan mendukung saudara. Cukup klik "Hubungkan" di bawah.




Artikel ini ditulis oleh: Dawson McAllister

Photo Credit: Fernando @cferdo